BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Minggu, 30 Oktober 2011

Dubes: keberadaan haji nonkuota seperti mafia

Mekkah (ANTARA News) - Keberadaan haji nonkuota di Arab Saudi yang setiap tahun mencapai ribuan sudah menjadi kegiatan mafia, sehingga harus ada tindakan hukuman kepada perusahaan yang mengirim, kata Duta Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi Gatot Abdullah Mansyur.

"Keberadaan jamaah nonkuota yang selalu berulang setiap tahun dilakukan oleh semacam mafia yang sulit diberantas dan harus ada tindakan tegas," kata dubes kepada pers di Mekkah, Jumat.

Dia mengatakan, jamaah nonkuota dalam setiap keberadaan di Arab Saudi selalu menyulitkan jamaah lain karena mereka seringkali menggunakan dan atau memanfaatkan fasilitas yang merupakan hak jamaah reguler dan jamaah haji khusus.

Haji nonkuota seringkali berada di tenda jamaah reguler atau jamaah khusus, sehingga tenda yang sudah sempit akan menjadi sempit.

Demikian pula saat pembagian makanan, keberadaan haji nonkuota seringkali mengurangi jatah makan haji reguler dan haji khusus.

"Keberadaan mereka sering tidak diatur atau tidak diurus oleh yang mengirimkan mereka. Padahal mereka sudah membayar mahal kepada yang mengirimkan," katanya.

Dia minta agar pihak yang berwajib di Indonesia untuk bisa menertibkan jamaah haji nonkuota dengan cara memberikan sanski tegas kepada pengirim haji nonkuota, seperti yang mungkin dilakukan oleh perusahaan agen perjalanan.

"Berikan sanksi dan tindakan tegas kepada perusahaan yang mengirim. Kasihan jamaahnya kalau mereka sampai terlantar saat di Arab Saudi," kata Dubes Gatot.k

Dubes tidak berani menyebutkan siapa-siapa yang paling bertanggungjawab terhadap keberadaan haji nonkuota, apakah juga melibatkan oknum di Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta.

"Kalau kedutaan Arab Saudi ditanya mereka selalu mengatakan tidak mengeluarkan visa untuk haji," katanya.

Kepala Seksi Pengendalian Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) cecep Nursyamsi mengatakan, jamaah haji nonkuota terus berdatangan ke Tanah Suci dan sampai saat ini sudah ada 16 kedatangan jemaah haji nonkuota yang terdata melalui Bandara Internasionl King Abdul Azis Jeddah.

"Dari sejumlah kedatangan itu, kini ada 1.330 jemaah haji nonkuota yang sudah tiba di Arab Saudi,? kata Cecep di Jeddah.

Tidak ada komentar: