BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 21 Oktober 2011

Gedung Baru DPR Batal Dibangun

VIVAnews – Rencana pembangunan gedung baru DPR yang beberapa waktu lalu menuai kontroversi, akhirnya batal dibangun. Anggaran pembangunan seluruhnya dikembalikan kepada negara.

“Sesuai tuntutan publik, pembangunan dibatalkan dan anggarannya dikembalikan ke kas negara,” kata anggota DPR Ganjar Pranowo saat berbincang dengan VIVAnews.com, Jumat 21 Oktober 2011. Menurutnya, soal pembatalan rencana pembangunan gedung baru DPR itu juga sudah dibahas di internal fraksi.

Sebelumnya, Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR, Pius Lustrilanang menyatakan, dewan telah mengembalikan sebagian anggaran pembangunan gedung baru DPR. Pius menuturkan, DPR tidak akan berupaya mendorong pembangunan gedung baru lagi.

Batalnya pembangunan gedung baru DPR, kata Pius, berawal dari pembatalan proses tender berdasarkan rapat konsultasi antara BURT DPR dan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto pada Mei 2011 lalu.

Gedung baru DPR sebelumnya akan dibangun dengan biaya Rp777 miliar, berdasarkan rekomendasi Kementerian PU. Gedung itu didesain terdiri dari 26 lantai – dipangkas dari rencana semula 36 lantai akibat desakan masyarakat.

Anggaran pembangunan gedung sebesar Rp777 miliar pun sebetulnya telah diminimalisir dari dana semula, Rp 1,1 triliun, karena tekanan masyarakat. Namun pada akhirnya, rencana pembangunan gedung DPR sama sekali dibatalkan. (adi)

Tidak ada komentar: