Jakarta (ANTARA News) - Ketua Komisi IX dari Fraksi PDI Perjuangan, Ribka Tjiptaning menyambut baik pengesahan RUU Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) menjadi UU dan pengesahan RUU itu  mendapat sambutan yang luar biasa, sebagai  keberhasilan dari seluruh rakyat Indonesia.

"Meski aku tidak masuk didalam pansus itu, karena aku Ketua Komisi, tapi ini perjuangan yang sangat luar biasa. Bayangkan 5 tahun perjuangan ini, dan berhasil disahkan malam ini," kata Ribka saat dihubungi pers, di Jakarta, Jumat malam.

Menurut dia, Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri menginstruksikan bahwa RUU BPJS itu harus segera disahkan, karena namanya jaminan sosial ini tidak semua negara punya dan ini sesuai garis perjuangan dari PDI Perjuangan sendiri. "Kesejahteraan yang berkeadilan itulah instruksi Mbak Mega. Dan Alhamudlillah di paripurana disahkan," katanya.

Meski prosesnya berbelit-belit, mengenai adanya BPJS I dan BPJS II, Ribka mengaku cukup lega, bahkan pengalaman dirinya berada di DPR selama dua periode baru kali ini ada pengambilan keputusan tingkat pansus diikuti oleh semua pimpinan DPR. Ini luar biasa baru pengambilan keputusan tingkat pansus bukan paripurna sudah diawasi.

"Aku juga ikut, meski tidak ada hak suara tapi aku kasih suport secara psikologis buat temen-temen khususnya dari Fraksi PDI Perjuangan. Dan aku juga berterimakasih buat teman-teman yang ikut berjuang di luar seperti kaum buruh sampai kehujanan, tapi anehnya pimpinan malah santai, pakai acara ngopi-ngopi dulu ini aneh," katanya.

Keberhasilan menggolkan RUU BPJS ini masih, kata Ribka bukan kehebatan Pansus atau Fraksi tertentu. Ini perjuangan seluruh rakyat Indonesia dan perlu kontrol pada proses pelaksanaan UU tersebut. "Kita akan kawal ini, baik dari parlemen maupun ektra parlemen. Dan ekstra parlemen itu sangat perlu, saya mengajak semua teman-teman, baik media, kaum buruh, seluruh elemen masyrakat untuk mengawasi ini, karena ini kita semua," katanya.(zul)