BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Minggu, 23 Oktober 2011

Megawati: Menteri Jangan Hanya Meneropong dari Kantor!

Cirebon - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri meminta para menteri untuk terjun langsung ke masyarakat. Dengan demkian, para menteri bisa melihat langsung kondisi riil masyarakat.

"Datang ke sini, jangan hanya meneropong dari kantor," cetus Megawati saat acara peletakan batu pertama rumah sakit tanpa kelas di Desa Gebang Kilir, Gebang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Minggu (23/10/2011).

Acara dihadiri oleh mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri, Bupati Cirebon Dedi Supardi, jajaran DPP PDI Perjuangan dan sekitar 7 ribu warga pesisir.

"Menteri-menteri baru suruh dia datang, lihat betul-betul kehidupan nelayan seperti apa, jangan asal rembug aja, tapi tidak dikerjakan," tegasnya.

Sebelumnya acara diisi oleh kesaksian Sumina (50), warga pesisir, yang pernah ditolak oleh rumah sakit saat membawa anaknya yang sakit. Megawati menyesalkan kejadian tersebut.

"Pemerintah berkewajiban memberi hak pelayanan kesehatan bagi dia. Mestinya kalian ikut berteriak: saya adalah warga negara Indonesia," kata Megawati dengan nada tinggi.

Megawati juga mengkritik kepemimpinan nasional saat ini yang menurutnya tidak tegas dalam memantau kinerja para menteri. Pemimpin harus tega menghukum para menteri jika kinerjanya buruk dan tidak mengutamakan kepentingan rakyat.

"Pemimpin harusnya bilang 'cari dokter', kalau tidak dapat saya sembelih," tegas Megawati.

Ketua Bidang Kesehatan DPP PDI Perjuangan, Ribka Tjiptaning mengatakan, menggratiskan pelayanan kesehatan dan pendidikan bukan hanya menjadi cita-cita partainya. "Tapi ini konstitusi kita yang mengatakan," tegasnya.

Tidak ada komentar: