BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Minggu, 30 Oktober 2011

Hatta: 9 Juta Kelas Menengah Baru Tiap Tahun

VIVAnews- Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan Indonesia memiliki pasar yang besar dengan 9 juta kelas menengah baru setiap tahunnya. Pangsa kelas menengah baru ini yang diincar oleh produsen, termasuk produk luar. Untuk itu perlu adanya penguatan pasar domestik sehingga Indonesia tak hanya menjadi pasar bagi produsen luar.

"Semua negara mengincar pasar besar Indonesia. Setiap tahun ada 8-9 juta kelas menengah baru, itu artinya hampir 2,5 kali lipat penduduk Singapura," ujar Hatta di sela Arak Arak dan Bentang 11 Bendera Raksasa ASEAN di Monumen Nasional, Jakarta, Minggu 30 Oktober 2011.

Penguatan pasar domestik, lanjutnya, perlu dijaga ketahanan agar Indonesia tak hanya menjadi pasar bagi negara lain. Terlebih adanya perdagangan bebas membuat potensi itu menjadi semakin kuat. Terkait perdagangan bebas ini, harus disikapi secara hati-hati.

Saat ini volumen neraca perdagangan masih surplus sehingga tidak perlu gegabah berlebih dengan perdagangan bebas.  "Kita harus siap early warning system. Jika terlalu banyak impor maka sistem itu untuk menghentikan. Kita lihat apa yang terjadi, jangan-jangan dumping, permainan, penyelundupan," tambahnya. (sj)

Tidak ada komentar: