BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 04 Oktober 2011

OC Kaligis Dukung Ide Fahri untuk Bubarkan KPK

Fajar Pratama - detikNews

Jakarta - Fahri Hamzah ternyata tidak sendirian dalam mewacanakan pembubaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pengacara kenamaan yang juga kuasa hukum Nazaruddin, OC Kaligis, memiliki pemikiran yang sejalan dengan gagasan Fahri.

"Wacana itu jelas layak dipertimbangkan. KPK itu lembaga superbodi yang menyalahgunakan kewenangan superbodinya itu. Sumber koruptor itu di sana," tutur Kaligis dalam perbincangan dengan detikcom, Selasa (4/10/2011).

Menurut Kaligis, seluruh penegak hukum harus memiliki lembaga pengawasan, tanpa terkecuali. "Kan untuk mengawasi kinerja penegak hukum, seperti di Polisi dan Kejaksaan," imbuhnya.

Kaligis juga mengatakan, selama ini KPK kerap melakukan penyalahgunaan wewenang dan juga melakukan aksi tebang pilih. Salah satunya adalah tas Nazaruddin yang disebutnya diambil isinya secara diam-diam oleh penyidik KPK.

"Tas Nazaruddin itu diambil oleh orang KPK. Tapi tidak pernah diakui. KPK juga melakukan tebang pilih dalam kasus Puteh, Syaukani," terang Kaligis.

Sebelumnya Fahri mengaku pernah mewacanakan membubarkan KPK. Hal itu disampaikannya secara terbuka dan langsung di hadapan jajaran pimpinan KPK pada rapat konsultasi di DPR, Senin (3/10) kemarin.

"Pak Busyro kalau ada yang ingin membubarkan KPK, terus terang saja saya yang bicara. Saya tidak percaya dengan lembaga superbodi yang ada di negara demokrasi. Biasanya tidak bisa diawasi," kritik Fahri.

Tidak ada komentar: