BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 07 Oktober 2011

DPR Panggil Menkominfo Bahas SMS Sedot Pulsa Senin 10 Oktober

Febrina Ayu Scottiati - detikNews

Jakarta - Komisi I DPR akan memanggil Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring pada Senin 10 Oktober 2011. Agenda yang akan dibahas adalah kasus-kasus SMS yang menyedot pulsa.

"Barusan teken surat panggil Menkominfo Tifatul Sembiring, soal sedot pulsa dalam sidang di Komisi I DPR, Senin. Untuk menjelaskan gegeran sedot pulsa ini sekaligus meminta pemerintah ambil tindakan cepat dan tegas," ujar Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (7/10/2011).

Priyo prihatin karena dengan adanya kasus ini karena menunjukkan masyarakat sebagai konsumen tidak terlindungi dengan baik. Banyak kasus yang terungkap maupun tidak, terutama pelanggan operator prabayar yang dirugikan.

"Ternyata ini tindakan sistematis terdesain lama. Saya terkejut korban masyarakat luas. Ini adalah tindakan kriminal yang bisa dituntut dalam tindakan pencurian atau penipuan. Minta menkominfo segera cari solusi, termasuk berkoordinasi dengan aparat kepolisian," jelas politisi asal Golkar ini.

Priyo menduga, ada pembiaran dari operator telepon seluler atas maraknya kasus SMS sedot pulsa ini. Jika terbukti operator dan content provider terlibat, maka bisa diberi sanksi.

"Kalau tidak terungkap saya khawatir ada pembiaran. Saya minta operator dipanggil dalam waktu tidak terlalu lama. Apakah ada pembiaran. Kalau benar ada pembiaran, patut disesalkan. Kalau mereka sudah memberi perlindungan, minta content provider nakal di-blacklist. Ikhtiarkan ada blacklist, umumkan siapa mereka. Teman pers juga harus merasa berdosa baru kemarin beritakan," tegas dia.

Tidak ada komentar: