BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 27 November 2013

Bangkok Memanas, WNI Diimbau Hindari Tempat Demonstrasi

Gagah Wijoseno - detikNews
Jakarta - Kondisi Bangkok, Thailand memanas. Menyusul unjuk rasa yang dilakukan ribuan massa anti pemerintahan Perdana Menteri (PM) Thailand Yingluck Shinawatra. Agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan, para WNI diimbau waspada.

"Agar seluruh WNI di Thailand khususnya di Bangkok untuk menghindari tempat-tempat berlangsungnya demonstrasi seperti di monumen demokrasi dan Jalan Rachadamdoen untuk menghindari hal-hal yang dapat merugikan WNI," demikian siaran pers KBRI Bangkok dalam surat elektroni, Rabu (27/11/2013).

Para WNI juga diharapkan tidak ikut-ikutan dan tidak terpancing terlibat dalam demonstrasi itu. "Agar WNI senantiasai mewaspadai perkembangan situasi dan kondisi di tempat tinggal atau lokasi dimana berada," pesan KBRI.

Bila terjadi sesuatu, akibat imbas kegiatan demonstrasi tersebut WNI diminta agar segera mengontak KBRI Bangkok. 

"KBRI Bangkok telah membentuk tim bekerjasama dengan masyarakat dan mahasiswa Indonesia untuk memberikan informasi dan bantuan yang diperlukan bagi WNI sehubungan dengan demonstrasi yang berlangsung di Bangkok," tulis KBRI Bangkok.

Nomor telepon yang dapat dihubungi adalah: 0929-031103; 0929-961595; 09291-951596 dan website KBRI Bangkok adalah http://www.kemlu.go.id/bangkok den www.facebook.com/ komundasindonesia.dithailand.

Sebagai informasi tambahan, tulis KBRI, Kementerian Luar Negeri Thailand pada Selasa (26/11)telah memberikankan briefing kepada kalangan diplomatik di Bangkok. Briefing disampaikan Permanent Secretary Kemlu Thailand Mr. Sihasak Phuangketkeow yang didampingi oleh Direktur Divisi Hubungan Internasional Kepolisian Kerajaaan Thailand.

Pokok-pokok briefing antara lain adalah bahwa Pemerintah Thailand menyampaikan apresiasi atas dukungan Negara-negara sahabat kepada Thailand dalam menghadapi dan mengatasi situasi politik saat ini.

Pemerintah Thailand akan terus berupaya menghindari penggunaan kekuatan/kekerasan dalam manghadapi para pengunjuk rasa dengan menerapkan Internal Security Act /ISA yang sesuai dengan standar-standar internasional.

Pemerintah Thailand akan berupaya untuk menyelesaikan perbedaan pandangan yang saat ini tengah terjadi secepatnya dengan cara damai.

Tidak ada komentar: