BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 29 November 2013

Presiden Apresiasi Pemda Yang Lelang Jabatan


Oleh : DESK INFORMASI
Presiden Susilo Bambang Yudhoy menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Daerah, baik Provinsi maupun Kabupaten dan Kota, yang telah menjalankan sistem lelang jabatan untuk menghasilkan pejabat yang benar-benar mampu bekerja keras dan memberikan pelayanan prima kepada rakyat.
“Sistem lelang jabatan ini, insya Allah dapat memfasilitasi percepatan pembentukan tatanan pemerintahan yang makin bersih, makin transparan, dan makin berwibawa,” kata Presiden SBY dalam sambutan tertulis pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-42 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) yang dibacakan oleh Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam pada upacara di halaman kantor Sekretariat Negara, Jakarta, Jumat (29/11).
Presiden meminta segenap anggota KORPRI untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, efisien, efektif, transparan dan akuntabel. “Tingkatkan budaya anti korupsi, ciptakan birokrasi yang cerdas, cepat, profesional, dan responsif,” tekan Presiden SBY.
Sebagaimana diketahui, guna mengisi posisi lowong di sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), sejumlah Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota, seperti Pemprov DKI Jakarta, Pemprov Kaltim, Pemprov Jateng, Pemkot Bandung, dan Pemkot Samarinda, dan daerah lain memilih menggunakan mekanisme lelang, yang bisa diikuti oleh pajabat dari daerah itu sendiri maupun daerah lainnya.
Pola lelang jabatan ini sebelumnya sudah menjadi kewajiban bagi instansi pemerintah pusat, baik kementerian maupun lembaga pemerintah non kementerian, sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Menteri PAN-RB Nomor 16 Tahun 2012. Dalam Surat Edaran itu disebutkan, kewajiban melakukan lelang bagi K/L dalam pengisian jabatan untuk eselon I dan eselon II.
Pelayanan Terbaik
Dalam sambutan tertulis pada HUT ke-42 KORPRI itu, Presiden SBY mengingatkan segenap anggota KORPRI di manapun bertugas dan berada, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada rakyat. “Rakyat harus mendapat perlakuan dan pelayanan dari segenap aparatur pemerintahan dengan sebaik-baiknya,” kata Presiden SBY.
Untuk itu, Presiden meminta segenap anggota KORPRI untuk meningkatkab profesionalisme sebagai aparatur negara, agar masyarakat benar-benar dapat manfaat dari reformasi birokrasi yang sudah dijalankan sembilan tahun terakhir.
“Mari kita tunjukkan kepada rakyat bahwa jajaran aparatur pemerintahan di era reformasi saat ini merupakan pelayan masyarakat. Kedepankan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi atau golongan,” pinta Kepala Negara.
Presiden juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada anggota KORPRI yang bertugas di pedalaman, daerah terpendil, perbatasan negara, dan pulau-pulau terdepan. “Saudara-saudara telah menunjukkan dedikasi yang tinggi melebihi panggilan tugas dalam mengemban amanah sebagai abdi negara, abdi masyarakat, dan abdi pemerintah,” kata Presiden SBY. (Humas Setkab/ES)

Tidak ada komentar: