BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 01 November 2013

Demo Buruh di Cikarang 'Memanas'

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews

Jakarta - Demonstrasi buruh di Cikarang, Jawa Barat, memanas. Sejumlah buruh tersulut emosinya melihat ada peserta demonstrasi yang memilih 'balik kanan'.

Pantauan detikcom pukul 12.30 WIB, Jumat (1/11/2013), demo sempat 'panas' saat ada teriakan dari kumpulan buruh perempuan di depan PT Kalbe Farma.

Sontak teriakan tersebut memancing kedatangan buruh lainnya. Sejumlah buruh yang mendatangi pabrik tersebut tampak membawa bambu, balok juga besi.

"Hei ada apa itu, semuanya satu komando disini satu komando," teriak orator memperingati masa buruh.

Namun perintah dari atas mobil komando tidak digubris. Mereka pun berbondong-bondong datang ke pabrik tersebut. Sesampai disana petugas kemanan pabrik berusaha menenangkan masa yang emosi.

"Tenang-tenang, mereka cuma nyari masjid untuk salat," ujar seorang petugas kemanan.

"Bohong itu, mereka pengecut tidak bukan mau salat, tapi kembali kerja tidak ikut mogok," teriak buruh yang emosi menimpali
Selang beberapa menit kemudian massa berhasil dikendalikan kordinator aksi melalui mobil komando. Namun belum sempat terkumpul, di sisi selatan masa buruh kembali terpancing provokasi.

"Hei itu yang di selatan kenapa gerak," teriak kordinator.

"Ada ormas IKAPUD mau nyerang," jawab kordinator lapangan.

Mendengar penjelasan kordinator lapangan, sebagian buruh kembali bereaksi mereka pun berbondong-bondong mendatangi lokasi tersebut. Berbekal balok dan kayu, mereka juga merusak palang besi lalu lintas untuk mempersenjatai diri.

"Tadi ada mobil ormas IKAPUD dua mobil mau nyerang, begitu masaa datang mereka langsung kabur," jelas Kordinator Lapangan Coki.

Coki mengatakan ormas tersebut sengaja memancing-mancing buruh lain untuk memecah konsentrasi buruh. "Mereka sengaja mancing-mancing kita. Tadi dengar-dengar mereka akan datang dengan massa lebih banyak lagi," sebutnya.

Tidak ada komentar: